Minggu, 10 Februari 2013

Buanglah Sampah Dimana Saja

(foto oleh mhdhari)
Saya pikir gambar tersebut tentu sudah dapat menceritakan apa yang akan saya tuliskan selanjutnya. Namun, tidak ada salahnya jika saya tetap mencoba menceritakannya. Tong sampah yang telah dirancang dan dikelompokkan menjadi empat golongan menurut jenis sampah yang sesuai. Hal itu membuat saya ingin menemui orang yang pertama kali mencetuskan ide tersebut untuk berterima kasih, akan tetapi terjadi sedikit error yang menjadikan ide tersebut tidak ”wah” lagi. Menggolongkan sampah berdasarkan jenisnya itu tampak tidak/kurang berhasil karena masih terlihat jenis sampah plasti masih mendominasi bahkan pada tong yang bertuliskan “KERTAS”  juga diisi dengan sampah jenis plastik.


Mengabaikan penggolongan/pembagian jenis sampah tidak dapat dikatakan sebuah perbuatan yang baik. Sampah-sampah yang dikelompokkan akan sangat mudah untuk diolah. Baik sampah organik yang dapat dimanfaatkan menjadi pupuk maupun sampah anorganik yang akan dapat disintesis ulang. Selain dengan alasan itu, ide pengelompokan sampah adalah sebuah tindakan baik adalah sampah-sampah akan terlihat lebih baik/cantik jika dapat dikelompokkan sesuai dengan jenisnya.

Jika alasan mengapa kecenderungan membuang sampah yang tidak sesuai dengan jenisnya itu didasari aalsan kepekaan, maka itu bukanlah sebuah tanggung jawab individual melainkan menjadi sebuah tanggung jawab kolektif yang harus sama-sama dijaga.  Akankah suatu saat nanti kita dapat melihat sebuah masyrakat yang akan memungut tiap sampah yang ia temui lalu membuangnya pada tong sampah yang sesuai jenisnya? Mungkin kita akan ragu dengan harapan ini di masa ini. Akan tetapi masa depan dapat menghadirkan apa yang saat ini tidak. Semoga impian ini terwujud.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Telah Berkomentar