Kamis, 14 Februari 2013

Bukan Ceramah juga Bukan Motivasi


Kejadian ini terjadi beberapa hari lalu ketika aku sedang asik menjelajah Google Play Store untuk mencari aplikasi-aplikasi yang menarik dengan menggunakan layanan wifi kampus. Tiba-tiba saja aku menenukan sebuah aplikasi sederhana, yaitu komplikasi kitab Bulughul Maram dalam versi bahasa Indonesia. Tanpa pikir panjang, langsung diunduh saja. Selesai proses unduh dan pemasangan, secarik ingatan saat Aliyah muncul. Iya, aku dulu pernah mempelajari buku ini. Nuansa nostalgia pembelajaran kitab ini di pondok dulu terlihat jelas seperti layar imajiner di depanku. Jika dulu aku selalu kesusahan dalam memahami kitab ini karena masih tertulis dalam bahasa arab, namun saat ini kitab ini dengan mudah aku unduh dan terlebih lagi sudah dalam bahasa Indonesia.
Ada beberapa hadist yang membuatku termenung , belama-lama membacanya dan menyadarkan beberapa tindakanku yang tidak seharusnya aku lakukan.  ada juga yang aku lewatkan membacanya karena mirip dengan hadist yang sebelumnya atau karena terlalu panjang. Waktu itu, membaca kitb ini dalam versi digitalnya menambah motivasi dan aku juga mendapatkan pencerahan-pencerahan.

Hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim melalui Nawas Ibnu Sam’an yang berbunyi, “kebaikan adalah perilaku yang baik sedangkan kejahatan ialah sesuatu yang muncul di hatimu dan engkau tidak suka bila orang lain mengetahuinya”. Menurut diriku sendiri, hadist ini adalah motivasi, nasehat serta peringatan kepada siapa pun untuk dapat membedakan perilaku dan tindakan berdasarkan baik dan buruknya. Rasulullah telah menjelaskan masing-masing perbedaannya di dalam hadist ini dengan sangat jelas. Kebaikan adalah budi pekerti yang luhur sedangkan keburukan adalah hasrat manusia yang ingin yang keluar dari hati dan kita tidak ingin orang lain tau kita melakukannya.
Setelah membaca hadist ini, aku yakin siapa pun orangnya pasti akan mencoba mengingat rahasia-rahasia kecil yang tidak ingin diketahui siapa pun. Sama? Iya, aku juga teringat beberapa rahasia yang seperti itu. Apakah rahasia itu termasuk keburukan? Jelas aku juga tidak tahu jawabannya.
Mungkin aku akan membeberkan beberapa rahasia milikku. Setiap berangkat kuliah atau pulang dari kuliah aku terkadang melihat pohon mangga tetangga dengan buahnya yang segar. Selalu saja muncul “niat” dari dalam hati untuk mengambilnya dan tentu saja aku tidak ingin siapa pun tau akan hal ini. Rahasia lainnya berupa perasaan yang kuat untuk mencintai tetapi tidak diungkapkan dan diberitahukan.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Telah Berkomentar