Selasa, 19 Februari 2013

Sekilas Dinamika Populasi Ikan

Dinamika populasi ikan. Prasa tersebut tentu akan mengaitkan hubungan populasi ikan dengan dinamikanya. Menurut saya yang belum terbukti benar atau pun salah, segala sesuatu  yang hidup atau bernyawa maka akan mengalami perubahan-perubahan yang menghampiri si hidup tadi.  Saya dapat beragumentasi seperti ini karena saya belum melihat yang hidup tetapi tidak mengalami sesuatu yang dinamis. Mungkin, inilah hal yang membedakkan yang hidup dengan yang tidak hidup.
Sampai saat ini, saya masih beranggapan bahwa dinamika populasi ikan, pembahasannya tidak akan jauh dari stok ikan di perairan. Mempelajari populasi ikan yang dinamis saya kira menjadi penting ketika manusia mulai sadar untuk menjaga stok ikan di alam tetap terjaga sehingga dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan. Jaman dahulu mungkin orangorang percaya jika ikan di laut tidak akan pernah habis. Namun, pada awal tahun 1990-an orang-orang dikejutkan oleh temuan oleh suatu kelompok peneliti Overfishing Committee yang menyatakan bahwa beberapa lokasi di samudra telah mengalami Overfishing atau kelebihan penangkapan.

Alat tangkap, ketersediaan pakan, fekunditas ikan adalah faktor-faktor utama yang mempengaruhi dinamisasi ikan. Faktor-faktor tersebut mungkin bisa saja suatu saat berubah. Fekunditas, jumlah telur yang dikeluarkan ikan betina, mempengaruhi populasi ikan tersebut. Jika nilai fekunditas ikan tinggi maka ada harapan terjaminnya populasi ikan. Ketersediaan pakan, marilah saja kita jaga alam ini bersama. Alat tangkap yang “tidak ramah” secara tidak langsung akan merusak ekosistem ikan sehingga mengurangi daya dukungnya. Oh, tentu saja manusia juga memiliki peran yang paling besar. Bahkan jika kita mau mengakui, manusia adalah predator paling menakutkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Telah Berkomentar